24 November 2008

PTK Penjaskes bab 3

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1. Tempat, Waktu Penelitian dan Jumlah Siswa

3.1.1. Tempat Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “ Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram dengan Media Modifikasi Piring Plastik “ ini dilaksanakan di kelas 9A SMP Negeri 3 Karangnunggal, Jl. Raya Cidadap Ds. Sarimukti Kec. Karangnunggal – Kab. Tasikmalaya.

3.1.2. Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan dari mulai 11 s.d 29 Pebruari 2008

3.1.3. Jumlah Siswa
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9A SMP Negeri 3 Karangnunggal dengan jumlah siswa putri 17 orang dan putra 18 orang, jadi jumlah total 35 orang siswa.

3.2. Indikator Efektivitas Belajar
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengukur sejauhmana efektivitas belajar Lempar Cakram dengan menggunakan media modifikasi piring plastik, indikator dari efektivitas belajar adalah meningkatnya hasil belajar siswa (Rivai: ), dengan kata lain bahwa untuk melihat efektif tidaknya sebuah proses pembelajaran bisa dilihat dari pencapaian hasil pembelajarannya. Berikut ini Tabel 1 Indikator Hasil Belajar Siswa.

Tabel 1
Indikator Hasil Belajar Siswa

No Aspek Ketuntasan Belajar Kriteria
1 Awalan 80 - 100%
60 – 79%
40 – 59%
20 – 39%
0 – 19% Sangat Efektif
Efektif
Cukup efektif
Kurang efektif
Tidak efektif
2 Cara Melempar 80 - 100%
60 – 79%
40 – 59%
20 – 39%
0 – 19% Sangat Efektif
Efektif
Cukup efektif
Kurang efektif
Tidak efektif
3 Sikap Akhir 80 - 100%
60 – 79%
40 – 59%
20 – 39%
0 – 19% Sangat Efektif
Efektif
Cukup efektif
Kurang efektif
Tidak efektif

Tabel 2
Indikator Keaktifan Siswa

No Aspek Keaktifan Siswa Kriteria
1 Aktivitas siswa dalam belajar Lempar Cakram 80 - 100%
60 – 79%
40 – 59%
20 – 39%
0 – 19% Sangat Aktif
Aktif
Cukup aktif
Kurang Aktif
Tidak Aktif

Tabel 3
Indikator Aktivitas Guru

No Aspek Keaktifan Guru Kriteria
1 Aktivitas guru dalam mengajar Lempar Cakram 80 - 100%
60 – 79%
40 – 59%
20 – 39%
0 – 19% Sangat Aktif
Aktif
Cukup aktif
Kurang Aktif
Tidak Aktif

Tabel 4
Indikator Respon (Tingkat Kepuasan Belajar) Siswa

No Aspek Tingkat Kepuasaan Belajar Siswa Kriteria
1 Respon siswa terhadap proses Belajar Lempar Cakram 80 - 100%
60 – 79%
40 – 59%
20 – 39%
0 – 19% Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas
Tidak Puas



3.3. Gambaran Umum Penelitian
Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam kegiatan yang berbentuk siklus penelitian. Setiap siklus penelitian terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu, perencanaan, tindakan pelaksanaan, observasi, dan refleksi

a. Teknik Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data penelitian, dilakukan dengan cara menentukan sumber data terlebih dahulu, kemudian jenis data, teknik pengumpulan data, dan instrumen yang digunakan. Teknik pengumpulan data secara lengkap dapat dilihat pada Tabel 1 di bawah ini :
Tabel 5
Teknik Pengumpulan Data
No Sumber Data Jenis Data Teknik
Pengumpulan Data Instrumen
1 Siswa Aktivitas siswa dalam belajar Lempar Cakram Observasi
Pedoman Observasi
2 Guru Aktivitas guru dalam mengajar Lempar Cakram Observasi
Pedoman observasi
3 Siswa
Hasil Belajar siswa Tes Siswa melakukan awalan, cara melempar, sikap akhir
4 Siswa Respon siswa (tingkat Kepuasan Belajar) terhadap proses Belajar Lempar Cakram Penyebaran angket Angket kepuasan belajar siswa

b. Rencana Penelitian
Rencana yang disusun untuk penelitian ini , diawali dengan kegiatan studi awal, refleksi awal, pelaksanaan siklus penelitian, dan penarikan kesimpulan.

Berikut gambar alur pelaksanaan penelitian :
































PELAKSAANAN SIKLUS
PENELITIAN
Siklus 1





Siklus 2






Gambar 1. Alur Pelaksanaan Penelitian

1 komentar:

harianto mengatakan...

assalamu'alaikum wr.wb
pak, mohon untuk PTK nya siklus 1 dan 2 pada bab III dikasih, serta gambar alur pelaksanaan penelitiannya. terima kasih.
wassalamu'alaikum wr.wb